BSD City, 3 Juli 2020 – Dalam rangka mengapresiasi Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni lalu, Sinar Mas Land menyelenggarakan Festival Hijau BSD City ke-17 secara online dan terbuka untuk umum. Kegiatan tersebut bertujuan memotivasi masyarakat agar lebih peduli pada lingkungan dengan melakukan tindakan nyata. Festival Hijau BSD City pada tahun ini mengangkat tema Memberdayakan Masyarakat Dalam Membangun Ketahanan Pangan. Acara tersebut hadir dalam bentuk kampanye yang sarat edukasi kepada masyarakat untuk dapat memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri, terutama dalam menyiasati masa pandemi Covid-19 melalui budi daya sayur, pengolahan pangan, maupun pemanfaatan limbah rumah tangga. Edukasi diberikan oleh Supendi Akbar SPd, seorang praktisi pendidikan dan penggiat lingkungan.

Rangkaian acara Festival Hijau BSD City ke-17 dimulai sejak 12 Mei 2020 dengan sosialisasi kegiatan dilanjutkan dengan beragam edukasi lingkungan bertajuk Ketahanan Pangan (18 Mei 2020), Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga (2 Juni 2020), Pembibitan dan Penanaman (8 Juni 2020), dan Pembuatan Pupuk Organik (15 Juni 2020). Setelah itu, ada pemberian bantuan obat-obatan penghilang bau sampah kepada Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Selatan, khususnya untuk TPA Cipeucang.

Festival itu diselenggarakan juga secara internal dengan webinar bertema Bijak Menangani Sampah Melalui Pemanfaatan Sampah Individu, khusus untuk karyawan Sinar Mas Land dan pilar usaha Sinar Mas lain. Puncak acara Festival Hijau BSD City ke-17 berlangsung pada hari ini, Jum’at 3 Juli 2020, secara virtual, diawali dengan sambutan dari Monik William (Deputy Group CEO Sinar Mas Land), A Zaki Iskandar (Bupati Tangerang), Airin Rachmi Diany (Wali Kota Tangerang Selatan) dan jajaran Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Seremoni Penanaman bibit pohon dan berbagai aktivitas lingkungan yang dilakukan para peserta Festival Hijau dan karyawan Sinar Mas Land serta karyawan pilar usaha Sinar Mas baik di lingkungan tempat tinggal maupun tempat bekerja berlangsung secara virtual dan dapat disaksikan melalui aplikasi Zoom oleh seluruh peserta. 

Festival Hijau kali ini dimeriahkan pertunjukan musik dari Dik Doank yang akan membawakan lagu “Rumahku Surgaku”. Keseluruhan acara tersebut dilakukan secara online untuk menyiasati pademi Covid-19 yang masih berlangsung.

“Secara konsisten, Sinar Mas Land melalui PT BSD terus berupaya mengedukasi masyarakat untuk bijak dalam mengelola sampah rumah tangga. Melalui berbagai kegiatan lingkungan, di antaranya Festival Hijau yang telah kami selenggarakan sebanyak 17 kali ini, kami ingin masyarakat terlibat aktif dalam pelestarian lingkungan, termasuk dengan mengurangi produksi sampah, dimulai dari diri sendiri dan keluarga sebagai bagian yang terkecil dalam masyarakat. Oleh karenanya, kami secara berkesinambungan mensosialisasikan maupun mengedukasi masyarakat, mulai dari para pelajar, para pendidik maupun tokoh masyarakat, bahkan sampai karyawan kami sendiri,” ujar Monik William, Deputy Group CEO Sinar Mas Land.

Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar menyatakan pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Sinar Mas Land yang telah memberikan kegiatan corporate social responsibility (CSR) lingkungan melalui Festival Hijau. Ia menilai kegiatan ini telah memberikan edukasi lingkungan kepada masyarakat Kabupaten Tangerang dan sekitarnya.

Acara itu juga ditanggapi positif oleh Airin Rachmi Diany, Wali Kota Tangerang Selatan. Menurut Airin,Festival Hijau merupakan kegiatan yang sangat baik dan perlu didukung. Ia pun berharap semakin ada banyak pihak lain yang peduli pada upaya pembangunan lingkungan hidup. “Terima kasih kepada PT BSD dan Sinar Mas Land yang banyak berkontribusi pada upaya pencapaian pembangunan di bidang lingkungan, sosial, budaya, dan lainnya,” tuturnya.

Kepala Divisi Corporate Affairs Sinar Mas Land, Dony Martadisata, menambahkan pihaknya berharap kegiatan Festival Hijau yang diinisiasi oleh tim CSR Sinar Mas Land melalui PT BSD menjadi bukti kesungguhan, komitmen, dan kepedulian perusahaan terhadap pelestarian llingkungan. Selain itu, ia berharap seluruh peserta acara tersebut menjadi penggiat lingkungan yang memberikan inspirasi kepada masyarakat luas untuk melakukan karya nyata bagi pelestarian dan penyelamatan lingkungan serta menghasilkan ketahanan pangan dalam keluarga.

Tentang Sinar Mas Land

Sinar Mas Land adalah pengembang properti di Indonesia dengan pengalaman lebih dari 40 tahun. Sinar Mas Land tercatat di bursa saham Indonesia atas nama PT. Bumi Serpong Damai Tbk, (BSDE). Awal tahun 2011, BSDE telah merampungkan proses akuisisi perusahaan terafiliasi yakni PT Duta Pertiwi Tbk, PT Sinar Mas Teladan dan PT Sinar Mas Wisesa. Akuisisi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja BSDE terutama portofolio pendapatan dan diversifikasi usaha BSDE.

Sinar Mas Land telah mengembangkan lebih dari 50 proyek di Indonesia. Keberhasilan Sinar Mas Land dengan mengembangkan property & real estate di Indonesia juga diakui oleh lembaga yang kredibel dan independent di dunia dengan mendapatkan berbagai macam penghargaan International yang prestigious seperti FIABCI Golden Award di Andora (2017), MIPIM di Hongkong (2017), MIPIM Award di Prancis (2018), Asia Pacific Property Awards 2018 di Thailand (2018).

Dengan dukungan tim manajemen yang solid Sinar Mas Land juga dikenal sebagai pengembang kota mandiri (Melalui BSD City Development), serta menjadi pelopor dalam pengembangan konsep perumahan Klaster / concept- clustered residential (Kota Wisata, Legenda Wisata, Grand Wisata, dan lain-lain). Disamping itu, Sinar Mas Land juga merupakan pelopor / pioneer pengembangan proyek inovatif Strata Mall / Trade Center (ITC) di Indonesia.

Sinar Mas Land sebagai pengembang properti berupaya untuk mewujudkan kepedulian terhadap masalah pelestarian lingkungan melalui penerapan visi green di setiap proyeknya. Kesadaran perusahaan untuk bertanggung jawab melestarikan lingkungan hidup diwujudkan melalui berbagai program, seperti pembangunan kawasan hijau Green Office Park, sertifikasi Green Building, Mall tanpa dinding yang ramah lingkungan ‘The Breeze’, jalur-jalur pejalan kaki yang nyaman serta berbagai acara untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kelestarian lingkungan salah satunya melalui penyelenggaraan acara Festival Hijau yang diselenggarakan setiap tahun. Sejauh ini Sinar Mas Land telah menanam lebih dari tiga juta pohon di area komersial, pedestrian, median jalan, taman lingkungan, dan mengembangkan taman kota serta hutan kota. Inisiatif dan komitmen terhadap masalah sosial juga terus dilakukan melalui program – program CSR yang memberi kesempatan masyarakat sekitar dan usaha kecil dengan dapat menikmati pembangunan yang dilakukan Sinar Mas Land seperti penyediaan tempat usaha untuk 3.000 pelaku UMKM di Pasar-pasar tradisional dan taman jajan kaki lima serta program-program CSR lainnya.

Sinar Mas Land memiliki mitra strategis yang kuat seperti Sojitz Japan, Aeon, Itochu-Japan yang sudah berlangsung selama 25 tahun, Mitsubishi Corporation,Hongkong Land serta mitra lokal seperti Kompas Gramedia dan Kalbe.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi:

Atikah Sunarya

Head of Public Relations and Social Media

Sinar Mas Land

Tel : 021- 50 368 368

Email : atikah.sunarya@sinarmasland.com