BSD City, 23 Oktober 2021 – Memperingati Maulid Nabi dengan memotivasi anak-anak untuk meningkatkan kemampuan mereka membaca Al-Qur’an melatarbelakangi Lomba Membaca Al-Qur’an Virtual yang diselenggarakan oleh Yayasan Muslim Sinar Mas Land (YMSML). “Membaca Al-Qur’an, mendalami maknanya, kemudian mengamalkannya dalam keseharian adalah cara mulia memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Dari sana, kita juga berkesempatan memotivasi anak-anak kita memperdalam kemampuan mereka membaca Al-Qur’an, tanpa terbatasi oleh pandemi karena berbasis teknologi, secara daring sebagaimana kita laksanakan hari ini,” ujar Ketua Dewan Pembina YMSML, Saleh Husin.

img-bsd-train-station

Dalam penyelenggaraannya, Sinar Mas Land melalui YMSML bekerja sama dengan Yayasan Mama Papa mengajak para peserta membaca Al-Qur’an menggunakan metode Mama Papa. Tak kurang dari 402 anak usia 7-12 tahun dari perwakilan 72 masjid/musala di sekitar kawasan Kota Wisata Cibubur, Legenda Wisata Cibubur, dan Grand Wisata Bekasi, unjuk kemampuan secara daring melalui Zoom pada Sabtu (23/10). Kegiatan ini merupakan bagian dari program Berantas Buta Al-Qur’an (BBQ) Virtual 2021 yang berlangsung sejak Mei sampai dengan September.

Baca Juga : Sinar Mas Land Borong 9 Penghargaan Golden Property Awards 2021

Kompetisi dibagi menjadi tiga kategori di antaranya katergori A untuk anak usia 7-9 tahun, kategori B untuk anak usia 10-12 tahun, dan kategori C untuk anak usia 13-15 tahun dengan total hadiah sebesar Rp42 juta. Penulis Buku Metode Mama Papa, Ustaz Muhammad Taslim menjelaskan bahwa metode Mama Papa merupakan cara cepat membaca Al-Qur’an menggunakan pendekatan cerita. “Cara bacanya pun hampir mirip dengan membaca Arab Melayu. Menariknya, huruf-huruf hijaiyah yang berjumlah 29 dikenalkan dengan bahasa sehari-hari sehingga mudah dimengerti bagi mereka yang belajar membaca Al-Qur’an.”

img-bsd-train-station

Ratusan peserta ini merupakan anak didik ustaz dan guru mengaji yang sebelumnya telah mengikuti pelatihan (training of trainers) cara cepat membaca Al-Qur’an menggunakan metode Mama Papa. Pelatihan itu merupakan rangkaian kegiatan Program BBQ Virtual 2021 yang menggandeng 144 ustaz dan guru mengaji selama 3 bulan secara intensif. Selama pelatihan, mereka dibekali buku panduan dan alat peraga berupa salinan digital agar lebih mudah memahami metode tersebut.

img-bsd-train-station

Program BBQ telah berlangsung sejak 2018 hingga 2019 yang diikuti oleh 600 ustaz/ustazah hingga guru mengaji dari 127 masjid dan musala di sekitar kawasan BSD City. Di tahun ini, YMSML memperluas jangkauan hingga ke masjid/musala di sekitar Kota Wisata Cibubur, Legenda Wisata Cibubur, dan Grand Wisata Bekasi.