Tingkat polusi udara semakin lama semakin meningkat terutama di kota – kota besar. Hal ini, jika dibiarkan secara terus-menerus tentunya akan menjadi ancaman bagi kesehatan keluarga di rumah. Oleh karena itu, sudah selayaknya anda masalah polusi udara tidak dianggap enteng. Penyebab polusi udara tidak hanya berasal dari asap kendaraan bermotor ataupun asap pabrik. Tetapi, polusi udara juga bisa berasal dari rumah anda sendiri misalnya saja penggunaan peptisida, asap rokok, penggunaan bahan pembersih, dan lain-lain.

Untuk mencegah polusi udara di dalam rumah serta menjaga kesehatan dan kenyamanan keluarga, simak langkah-langkah berikut :

Pastikan rumah anda memiliki ventilasi yang mencukupi.Jika rumah anda tidak mempunyai ventilasi yang cukup atau exhaust fan, maka asap dapur yang dihasilkan saat memasak tidak dapat terbuang keluar dan dapat terhirup kemballi oleh anggota keluarga anda.

Segera buang makanan jika sudah tidak layak atau kadaluarsa. Makanan yang sudah membusuk jika didiamkan dapat menyebarkan bau tak sedap yang akan mengganggu pernapasan.

Kurangi penggunaan barang-barang atau peralatan keluarga yang menggunakan bahan bahan kimia. Semakin sering adan menggunakan peralatan tersebut maka semakin banyak bahan kimia yang beredar pada udara rumah anda.

Usahakan untuk meletakan sepatu di luar rumah ataupun menyimpannya pada sebuah rak tertutup. Sepatu yang lama digunakan dan jarang dicuci akan menyebabkan bau yang akan menggangu kualitas udara di dalam rumah.

Buanglah sampah dapur pada temapat yang telah disediakan di pemukiman sekitar anda. Membuang sampah pada tempatnya akan memudahkan para petugas untuk mengangkut sapah rumah tangga yang dapat menyebabkan bau pada lingkungan pemukiman rumah.

Langkah kecil lain yang dapa tanda lakukan untuk menjaga kualitas udara di rumah anda adalah membersihkan perabotan dari debu yang melekat. Dengan begitu kualitas udara rumah anda akan terjaga karena tidak terdapat debu-debu yang berterbangan dan mengganggu kuaitas udara.