BSD City, 20 Juli 2024 – Pelaksanaan transformasi layanan primer oleh Kementerian Kesehatan mendorong pemerintah terus melakukan penguatan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat. Salah satu penguatan pelayanan kesehatan dasar tersebut terimplementasi pada Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) yang kini tidak hanya melayani kesehatan ibu dan anak, tetapi juga remaja, dewasa, hingga lansia. Untuk mendukung upaya revitalisasi Posyandu tersebut, Sinar Mas Land mengadakan Workshop Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu yang diadakan pada 3 – 4 Juli 2024 di Auditorium Green Office Park (GOP) 9, BSD City. 

Acara ini dihadiri oleh Dony Martadisata (Managing Director President Office Sinar Mas Land), Dr. dr. Ati Pramudji Hastuti, MARS (Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten), Yusuf Fachroji, S.STP., M.Si (Camat Cisauk), dr. Netty Mawaty Tambunan (Kepala Puskesmas Cisauk), serta 90 kader Posyandu  yang menjadi penggerak pelayanan terpadu di wilayah Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang.

Baca Juga: Sinar Mas Land Hadirkan West Village 2, Ruang Usaha Baru BSD City

Workshop Program Sehat Kader Posyandu

Dony Martadisata, Managing Director President Office Sinar Mas Land mengatakan “Workshop peningkatan kapasitas kader Posyandu ini merupakan bagian dari inisiasi Sinar Mas Land dalam program Sehat Bersama Posyandu yang telah diluncurkan sejak 2023. Kami berharap peserta workshop dapat memahami materi yang telah diberikan dan mengaplikasikannya saat memberikan pelayanan kepada masyarakat demi terciptanya layanan kesehatan yang optimal. Program ini sejalan dengan visi perusahaan untuk terus meningkatkan kualitas hidup masyarakat di sekitar proyek Sinar Mas Land dengan melalui sejumlah program di berbagai bidang termasuk kesehatan.”

Dalam workshop ini kader Posyandu mendapatkan pembekalan mengenai dasar tata kelola Posyandu, keterampilan dasar kader Posyandu, Integrasi Layanan Primer (ILP), edukasi Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berbasis pangan lokal,  optimalisasi penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dan Posyandu Go Green yakni gerakan penghijauan pada area sekitar lokasi pelayanan kesehatan.

Selain workshop, Program Sehat Bersama Posyandu diterapkan melalui rangkaian kegiatan edukasi dan pendampingan Posyandu yang berfokus pada tiga desa di kecamatan Cisauk, yaitu Desa Sampora, Desa Cibogo, dan Kelurahan Cisauk. Dalam program ini, Sinar Mas Land bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tangerang, dan Bank Sampah Ecomart dengan memberikan berbagai program yang digulirkan secara berkesinambungan. Program Sehat Bersama Posyandu merupakan bagian dari kontribusi pemberdayaan perempuan (women empowerment) yang diinisiasi oleh Divisi Corporate Social Responsibility (CSR) & Green Initiative Sinar Mas Land.