Genjot Penjualan, Sinarmas Land Maksimalkan Peran Broker

19 May 2015 News Archive | Google+

SERPONG, KOMPAS.com - Salah satu kiat atau strategi untuk memenangkan pasar sektor properti di tengah kondisi ekonomi yang sedang melemah saat ini adalah memakasimalkan peran agen.

Sinarmas Land sadar betul, pentingnya kehadiran dan peran para agen properti. Oleh karena itu, pengembang yang menguasai lahan lebih dari 6.000 hektar di kawasan Serpong ini, menggelar acara agent gathering dengan topik utama "Marketing Strategy in Property Industries 2015".

Sebanyak 400 agen properti hadir pada acara tersebut di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (19/5/2015).

Menurut Managing Director Corporate Strategy and Services Sinarmas Land, Ishak Chandra, peran agen properti sangat penting sebagai ujung tombak penjualan produk.

"Seringkali pembeli properti, khususnya untuk investasi, orangnya itu lagi, itu lagi. Kita butuh agen properti untuk bantu penjualan, dan memperluas penetrasi pasar," ujar Ishak.

Ia mengaku, selama 3-4 tahun terakhir, pihaknya telah menggandeng agen sebagai mitra untuk menjual produk. Para agen ini bisa menjaring pembeli baru di luar investor yang biasa membeli produk Sinarmas Land.

Dalam acara tersebut, agen properti dibekali strategi marketing properti. Ishak berharap, para agen ini mampu meningkatkan penjualan produknya yang sebagian besar berada di Jadebotabek, antara lain BSD City, Kota Wisata Cibubur, dan Grand Wisata Bekasi.

Meski begitu, Ishak juga tidak dapat memastikan berapa persen kenaikan penjualan jika menggandeng agen properti. Perhelatan gathering dengan para agen ini akan dilakukan secara rutin setiap satu tahun. Tujuannya, agar para agen bisa bersinergi dalam meningkatkan basis data pelanggan dan jaringan penjualan.

Meski kebanyakan proyeknya berada di Jabodetabek, Ishak mengatakan tidak menutup kemungkinan Sinarmas Land juga menggandeng agen properti di luar wilayah tersebut. Nantinya, pengembang ini juga akan mengajak kerja sama para agen yang berada di kota-kota besar lainnya seperti Surabaya, Balikpapan, dan Samarinda.

Penulis : Arimbi Ramadhiani
Editor : Hilda B Alexander