Enam Bulan ke Depan, Peritel Inggris Buka Gerai di BSD City

20 May 2015 News Archive | Google+

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahan ritel barang elektronik dan furnitur berbasis di Inggris, Courts, dalam waktu enam bulan ke depan akan membuka Courts Megastore di BSD City, Tangerang Selatan, Banten. 

Country CEO PT Courts Retail Indonesia, Roy Santoso, mengungkapkan rencana tersebut dalam keterangan tertulis yang disampaikan kepadaKompas.com, Senin (18/5/2014).

"Gerai terbaru atau ke-4 di BSD City, merupakan megastore Courts kedua di Indonesia. Sementara, Megastore Courts pertama berada di Kota Harapan Indah, Bekasi," ujar Roy. 

Gerai ritel berkonsep megastore Courts di BSD City, dibangun dengan skema pengembangan built to suit. PT Courts Retail Indonesia, menunjuk Sinarmas Land Group sebagai pengembangnya. Pembangunan Courts Megastore BSD City membutuhkan dana sekitar 45 juta dollar AS.

Courts sendiri menawarkan barang-barang kebutuhan rumah tangga seperti furnitur, elektronik, gadget, perlengkapan interior dan eksterior rumah, perkakas, dan lain-lain. Barang yang ditawarkan separuh bagian atau 50 persen merupakan produk impor dan sisanya produk lokal.

Pasar menjanjikan

Sebelumnya, Courts telah membuka gerai pertama di Kota Harapan Indah, Bekasi, pada Oktober 2014 dan yang kedua di Mega Bekasi Hypermal pada 2 Mei 2015, serta melebarkan sayap bisnisnya dengan mengoperasikan toko ketiga di Jalan Bogor Baru, Kedaung Jaya, Kabupaten Bogor.

"Bogor merupakan kawasan yang memiliki potensi strategis bagi pertumbuhan ekonomi dan jasa," tandas Roy.

Lebih jauh, Roy menuturkan, Bogor juga merupakan pasar yang menjanjikan dan terus berkembang dengan pertumbuhan masyarakat kelas menengah dan gaya hidup modern yang serba praktis. 

Akan tetapi layanan akan kebutuhan rumah tangga yang dapat diperoleh dalam satu atap, masih sangat kurang, hal inilah yag menjadi salah satu pertimbangan Courts membuka toko ketiga. 

Courts Bogor menempati area di Bogor Square dengan luas 2.114,00 meter persegi. Seperti Courts di Bekasi, Courts Bogor juga menawarkan pengalaman berbelanja yang inovatif berupa fitur-fitur unik seperti Live Zone, Sleep Zone, Relax Zone, dan Play Zone. Selain itu juga ada Sofa Maker, Flexi Lounge dan Area Bermain Anak dengan jangkauan terluas untuk produk rumah tangga dan gaya hidup dalam satu atap dengan harga yang terjangkau.

Sementara gerai Courts di Mega Bekasi Hypermal menempati area seluas 2.840,72 meter persegi. Dengan jumlah penduduk yang mencapai 2,7 juta jiwa pada tahun ini, dan pertumbuhan sekitar 11–14 persen dalam lima tahun, menjadikan Bekasi sebagai pasar yang menjanjikan bagi industri ritel. 

Ditambah lagi pertumbuhan kelas menengah yang meningkat dan terbuka dengan konsep toko modern untuk produk elektronik dan furnitur, menambah keyakinan Courts untuk memilih kembali berekspansi di kota Bekasi.

Pembukaan tiga buah toko, dua di Bekasi dan satu di Bogor dalam kurun waktu 6 bulan, membuktikan potensialnya pasar ritel di Indonesia, khususnya wilayah Jadebotabek.


Penulis : Hilda B Alexander
Editor : Hilda B Alexander