Sinar Mas Land - Sinar Mas Land Hadirkan Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM), Mendukung Pengembangan Pendidikan di BSD City

Sinar Mas Land Hadirkan Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM), Mendukung Pengembangan Pendidikan di BSD City

30 April 2019 Media Releases |

Tangerang, 25 April 2019 – Sinar Mas Land terus berfokus dalam mendukung pengembangan pendidikan di BSD City dan sekitarnya. Salah satu upaya tersebut adalah dengan memfasilitasi program Gerakan Sekolah Menyenangkan yang bertujuan untuk mentransformasi pola pendidikan formal menjadi lebih kolaboratif, inklusif, dan menarik guna mendorong kemampuan diri siswa. Program Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM), yang awalnya disebarkan di wilayah Tangerang melalui Rumah Pintar BSD City sebagai salah satu bentuk pengembangan sentra, merupakan terobosan aktivis pendidikan Muhammad Nur Rizal, ST., M.Eng, Ph.D.

Gerakan Sekolah Menyenangkan merumuskan konsep sekolah masa depan, yakni sekolah menyenangkan, yang memberi ruang tumbuhnya keunikan potensi setiap anak manusia, dengan cara membangun tiga aspek dasar keterampilan manusia untuk hidup di era digital, yakni pola pikir yang terbuka, kompetensi abad 21 berupa berpikir kritis, kreatif, komunikatif, kolaboratif dalam menemukan cara mengatasi masalah, serta karakter moral dan etos kerja. Di BSD City, program ini telah melibatkan 1000 tenaga pendidik (dari 5 batch workshop yang telah diselenggarakan) dari 200 sekolah di wilayah Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Para tenaga pendidik dibina dan diarahkan untuk menciptakan ekosistem belajar yang positif, hangat, partisipatif, dan eksploratif.

Program ini merupakan bagian fokus pengembangan SDM yang di inisiasi oleh Sinar Mas Land, telah berhasil merubah tatanan ruang kelas menjadi lebih berkarakter dan suportif, sehingga mendorong potensi dan keunikan yang dimiliki setiap peserta didik. Saat ini, semakin banyak sekolah yang merasakan dampak baik atas hadirnya program GSM khususnya sekolah-sekolah yang membutuhkan fokus peningkatan kapasitas. Febri, seorang guru Seni dan Budaya dari SMPN 20, adalah salah satu yang merasakan dampak positif dari GSM. Ia menyatakan, “Dengan GSM, sekolah-sekolah limited budget seperti kami, bisa menimba ilmu yang selama ini menjadi kebutuhan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah kami. Harapannya virus GSM ini dapat menularkan hal positif untuk keberadaban dunia pendidikan Indonesia.”

Tidak hanya bagi siswa, GSM juga memberikan dampak bagi guru dan wali murid. Husni Kulsum, Guru SDN Kayu Agung, Kabupaten Tangerang menyatakan, “Yang dirasakan di sekolah kami adalah adanya peningkatan kerjasama yang baik antarguru dengan wali murid. Kolaborasi ini mendoronganak-anak menjadi lebih aktif dalam belajar,lebih percaya diri,dan mulai tumbuh sikap tanggung jawab terhadap apa yang menjadi tugas mereka di sekolah.” Rasa saling percaya dan visi yang searah antara guru dan wali murid akan mendorong siswa untuk menyadari perannya untuk menimba ilmu yang penting bagi kehidupan di masa depan.

Muhammad Nur Rizal, ST., M.Eng., PhD, Inisiator Gerakan Sekolah Menyenangkan, menyatakan, “Dampak dari sebuah transformasi pendidikan bagi bangsa dan negara tidak terasa dalam satu atau dua tahun ke depan namun bisa jadi satu atau dekade. Kita tidak pernah tahu apa yang akan dihadapi oleh anak-anak didik kita di masa depan, oleh karena itu pendidikan seharusnya adaptif terhadap zaman untuk mempersiapkan mereka menghadapi tantangan masa depan yang berbeda dari tantangan hari ini. GSM berusaha menerapkan perbaikan pola pendidikan di Indonesia, kami membekali siswa dengan kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan untuk mampu bersaing di zaman yang akan datang.”

Syukur Lawigena, Direktur PT BSD Tbk menyatakan, “Untuk membangun masyarakat yang madani di BSD City dan sekitarnya tentu membutuhkan pendidikan yang baik yang menyentuh segala tingkatan masyarakat. Bagi kami, berkolaborasi dengan GSM merupakan salah satu upaya nyata untuk mendorong peningkatan pendidikan yang merata bagi masyarakat. Kami telah memulai program ini menjadi bagian dari CSR sejak tahun 2017 dan telah melibatkan berbagai pelaku pendidikan di Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Setiap tahunnya program ini semakin melibatkan lebih banyak sekolah dan tenaga pendidik sehingga dampak yang diberikan akan semakin luas dan masif. Kami berharap kontribusi BSD City dalam pendidikan dapat mendorong peningkatan kehidupan masyarakat ke arah yang lebih baik untuk menciptakan kota yang madani.”

Hasil dari penerapan program Gerakan Sekolah Menyenangkan cukup memuaskan dan berdampak positif bagi perkembangan mutu pendidikan di wilayah Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan, sebagai area pelaksanaan program. Ini menjadi wujud nyata komitmen Sinar Mas Land dalam membangun dan meningkatkan kualitas masyarakat, demi terciptanya masa depan bangsa, khususnya dalam melahirkan generasi penerus yang unggul.

Tentang Sinar Mas Land

Sinar Mas Land adalah pengembang properti di Indonesia dengan pengalaman lebih dari 40 tahun. Sinar Mas Land tercatat di bursa saham Indonesia atas nama PT. Bumi Serpong Damai Tbk, (BSDE). Awal tahun 2011, BSDE telah merampungkan proses akuisisi perusahaan terafiliasi yakni PT Duta Pertiwi Tbk, PT Sinar Mas Teladan dan PT Sinar Mas Wisesa. Akuisisi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja BSDE terutama portofolio pendapatan dan diversifikasi usaha BSDE.

Sinar Mas Land telah mengembangkan lebih dari 50 proyek di Indonesia.  Keberhasilan Sinar Mas Land dengan mengembangkan property & real estate di Indonesia juga diakui oleh lembaga yang kredibel dan independent di dunia dengan mendapatkan berbagai macam penghargaan International yang prestigious seperti FIABCI Golden Award di Andora (2017), MIPIM di Hongkong (2017), MIPIM Award di Prancis (2018), Asia Pacific Property Awards 2018 di Thailand (2018).  

Dengan dukungan tim manajemen yang solid Sinar Mas Land juga dikenal sebagai pengembang kota mandiri (Melalui BSD City Development), serta menjadi pelopor dalam pengembangan konsep perumahan Klaster / concept- clustered residential (Kota Wisata, Legenda Wisata, Grand Wisata, dan lain-lain). Disamping itu, Sinar Mas Land juga merupakan pelopor / pioneer pengembangan proyek inovatif Strata Mall / Trade Center (ITC) di Indonesia.

Sinar Mas Land sebagai pengembang properti berupaya untuk mewujudkan kepedulian terhadap masalah pelestarian lingkungan melalui penerapan visi green di setiap proyeknya. Kesadaran perusahaan untuk bertanggung jawab melestarikan lingkungan hidup diwujudkan melalui berbagai program, seperti pembangunan kawasan hijau Green Office Park, sertifikasi Green Building, Mall tanpa dinding yang ramah lingkungan ‘The Breeze’, jalur-jalur pejalan kaki yang nyaman serta berbagai acara untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kelestarian lingkungan salah satunya melalui penyelenggaraan acara Festival Hijau yang diselenggarakan setiap tahun. Sejauh ini Sinar Mas Land telah menanam lebih dari tiga juta pohon di area komersial, pedestrian, median jalan, taman lingkungan,  dan mengembangkan taman kota serta hutan kota. Inisiatif dan komitmen terhadap masalah sosial juga terus dilakukan melalui program – program CSR yang memberi kesempatan masyarakat sekitar dan usaha kecil dengan dapat menikmati pembangunan yang dilakukan Sinar Mas Land seperti penyediaan tempat usaha untuk 3.000 pelaku UMKM di Pasar-pasar tradisional dan taman jajan kaki lima serta program-program CSR lainnya.

Sinar Mas Land memiliki mitra strategis yang kuat seperti Sojitz Japan, Aeon, Itochu-Japan yang sudah berlangsung selama 25 tahun, Mitsubishi Corporation,Hongkong Land serta mitra lokal seperti Kompas Gramedia dan Kalbe.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi:

Head of Public Relations and Social Media

Sinar Mas Land

Tel           :  021- 50 368 368

Email        :  Atikah.sunarya@sinarmasland.com