Sinar Mas Land - Sinar Mas Land dan Nakama Gelar Startup Heroes di BSD City

Sinar Mas Land dan Nakama Gelar Startup Heroes di BSD City

26 July 2020 Media Releases |

BSD City, 26 Juli 2020 – Dunia start-up saat ini sangat berkembang dan banyak dilakoni kaum milenial dan gen Z. Di Indonesia sendiri telah banyak seminar dan kelas pendek mengenai tata cara serta step-by-step untuk menciptakan start-up. Tidak sedikit kompetisi dan perlombaan start-up dilakukan, baik oleh pemerintah maupun pihak swasta (perusahaan). Akan tetapi masih banyak yang tidak memiliki akses untuk menuju ke tahapan berikutnya. Masalah utamanya adalah pendanaan untuk memulai start-up mereka.

Sinar Mas Land bekerja sama dengan Nakama menyelenggarakan Start-up Heroes sebagai bootcamp yang terdiri atas rangkaian program training dan one-on-one mentoringStart-up tersebut akan diberikan akses pendanaan dari investor lokal. Inisiator program itu ialah Temmy, Iga Alma, Thomas Ardi dan Hendri Chen dari Nakama. Mereka memiliki pengalaman menjalankan beberapa acara seminar Impactpreneur, acara start-up, dan seminar community builder.

Di Start-up Heroes, Nakama mengumpulkan modal dari para investor lokal, kemudian menjalankan program pendidikan dan mentoring kepada sejumlah start-up selama 3 bulan mulai hari ini. Pada puncak kegiatan, start-up siap dipertemukan kepada investor dalam acara gala dinner yang akan berlangsung pada bulan Oktober yang akan datang. Sebanyak 30 mentor profesional akan mengawal proses pelatihan lebih dari 1.000 peserta dari 500 start-up secara online. Acara ini didukung oleh Amazon Web Services (AWS), Intel, Techinasia, Kejora Venture dan Dailysocial.

Ini adalah program bootcamp pertama yang diadakan di masa pandemi Covid-19 sehingga acara ini berlangsung sesuai protokol kesehatan Covid-19 dimana peserta dan mentor tetap nyaman dalam pertemuan tatap muka. Acara tatap muka ini terbatas untuk para founder terpilih saja dan peserta lain dapat mengikutinya secara online melalui aplikasi Zoom. Total terdapat 44 peserta terpilih yang ikut serta di acara Start-up Heroes yang berlangsung di atrium semi-outdoor The Breeze BSD City, Sabtu (25/7). Keterbukaan acara ini tampak dari peserta yang hadir dari beragam bidang di antaranya properti, pariwisata, F&B dan UMKM, dari usia remaja hingga hingga 60 tahun. 

Project Leader Digital Hub Sinar Mas LandIrawan Harahap, menyampaikan harapan bahwa dengan program itu Sinar Mas Land melalui Digital Hub dapat mendukung talenta muda dan komunitas digital terus berkembang meskipun di tengah pandemi Covid-19. “Seperti kita ketahui, kehadiran teknologi makin diperlukan karena banyak kegiatan dilakukan secara online. Program ini juga merupakan wujud keseriusan kami untuk terus untuk memperkaya ekosistem Digital Hub dan mengembangkan integrated smart digital creative city di BSD City,” ujar Irawan.

Sinar Mas Land sebagai salah satu pendukung acara Start-up Heroes secara aktif turut berkontribusi terhadap perkembangan dunia digital di Indonesia. Keseriusan Sinar Mas Land dalam menopang perkembangan teknologi digital diwujudkan dalam pembentukan Digital Hub di kawasan seluas 26 hektare. Kawasan tersebut didedikasikan khusus sebagai pusat riset dan pendidikan bagi startup hingga multinational companies yang bergerak di bidang digital serta teknologi.

Bootcamp ini akan memberikan kesempatan kepada setiap peserta start-up untuk mendapatkan one-on-one monitoring dengan para mentor sesuai dengan bidang start-up yang dibangun. Nakama akan mewadahi, membina, dan mempertemukan start-up unggulan dengan investor,” tutup Temmy dari Nakama.

Digital Hub siap menjadi rumah bagi komunitas digital di Indonesia

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi turut membawa beragam perubahan dan mendorong hadirnya era baru, yaitu era 4.0. Hal ini telah membawa perubahan dalam berbagai aspek kehidupan, seperti digital economybig data, roboticaugmented reality, hingga artificial intelligence. Transformasi digital yang terjadi secara masif membawa tantangan tersendiri dan dibutuhkan keterlibatan semua pihak, seperti pemerintah, korporasi dan startup untuk bersama membentuk ekosistem digital yang kohesif. Fakta ini mendorong Sinar Mas Land untuk mewujudkan visi BSD City sebagai ekosistem digital. Untuk mempercepat perwujudan visi tersebut, BSD City akan dipersiapkan menjadi digital talent pool dengan bermarkasnya sekolah-sekolah digital bertaraf nasional dan internasional.

Digital Hub sebagai sebuah wadah komunitas digital pun telah menarik perhatian pelaku industri teknologi, baik di pasar domestik maupun internasional. Ketertarikan pelaku industri untuk berkantor dan berkarya di Digital Hub didorong kelengkapan fasilitas bersama seperti interactive meeting room, mesin 3D printing, gaming roomVR roomsegway yang dapat dimanfaatkan oleh setiap tenant. Kelengkapan sarana dan prasarana Digital Hub yang dipersiapkan oleh Sinar Mas Land merupakan bentuk keseriusan perusahaan untuk membangun integrated smart digital city yang mampu berkontribusi bagi kehidupan masyarakat dan perekonomian negara.

Tentang Sinar Mas Land

Sinar Mas Land adalah pengembang properti di Indonesia dengan pengalaman lebih dari 40 tahun. Sinar Mas Land tercatat di bursa saham Indonesia atas nama PT. Bumi Serpong Damai Tbk, (BSDE). Awal tahun 2011, BSDE telah merampungkan proses akuisisi perusahaan terafiliasi yakni PT Duta Pertiwi Tbk, PT Sinar Mas Teladan dan PT Sinar Mas Wisesa. Akuisisi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja BSDE terutama portofolio pendapatan dan diversifikasi usaha BSDE.

Sinar Mas Land telah mengembangkan lebih dari 50 proyek di Indonesia. Keberhasilan Sinar Mas Land dengan mengembangkan property & real estate di Indonesia juga diakui oleh lembaga yang kredibel dan independent di dunia dengan mendapatkan berbagai macam penghargaan International yang prestigious seperti FIABCI Golden Award di Andora (2017), MIPIM di Hongkong (2017), MIPIM Award di Prancis (2018), Asia Pacific Property Awards 2018 di Thailand (2018).  

Dengan dukungan tim manajemen yang solid Sinar Mas Land juga dikenal sebagai pengembang kota mandiri (Melalui BSD City Development), serta menjadi pelopor dalam pengembangan konsep perumahan Klaster / concept- clustered residential (Kota Wisata, Legenda Wisata, Grand Wisata, dan lain-lain). Disamping itu, Sinar Mas Land juga merupakan pelopor / pioneer pengembangan proyek inovatif Strata Mall / Trade Center (ITC) di Indonesia.

Sinar Mas Land sebagai pengembang properti berupaya untuk mewujudkan kepedulian terhadap masalah pelestarian lingkungan melalui penerapan visi green di setiap proyeknya. Kesadaran perusahaan untuk bertanggung jawab melestarikan lingkungan hidup diwujudkan melalui berbagai program, seperti pembangunan kawasan hijau Green Office Park, sertifikasi Green Building, Mall tanpa dinding yang ramah lingkungan ‘The Breeze’, jalur-jalur pejalan kaki yang nyaman serta berbagai acara untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kelestarian lingkungan salah satunya melalui penyelenggaraan acara Festival Hijau yang diselenggarakan setiap tahun. Sejauh ini Sinar Mas Land telah menanam lebih dari tiga juta pohon di area komersial, pedestrian, median jalan, taman lingkungan, dan mengembangkan taman kota serta hutan kota. Inisiatif dan komitmen terhadap masalah sosial juga terus dilakukan melalui program – program CSR yang memberi kesempatan masyarakat sekitar dan usaha kecil dengan dapat menikmati pembangunan yang dilakukan Sinar Mas Land seperti penyediaan tempat usaha untuk 3.000 pelaku UMKM di Pasar-pasar tradisional dan taman jajan kaki lima serta program-program CSR lainnya.

Sinar Mas Land memiliki mitra strategis yang kuat seperti Sojitz Japan, Aeon, Itochu-Japan yang sudah berlangsung selama 25 tahun, Mitsubishi Corporation,Hongkong Land serta mitra lokal seperti Kompas Gramedia dan Kalbe.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi:

Atikah Sunarya

Head of Public Relations and Social Media

Sinar Mas Land

Tel           :  021- 50 368 368

Email        :  atikah.sunarya@sinarmasland.com