Kemendag Gandeng Sinar Mas Land Bangun Pengelolaan Pasar Rakyat

11 August 2017 News Archive | Google+
Jakarta, HanTer - Kementerian Perdagangan menggandeng Sinar Mas Land dalam membuat model atau prototipe standardisasi pembangunan dan tata kelola pasar yang baik dan benar, dengan mengadopsi Pasar Modern BSD City. Prototipe tersebut yang akan menjadi acuan, atau standar operasional prosedur (SOP) pembangunan maupun revitalisasi pasar rakyat yang didanai oleh pemerintah.
 
Pembangunan dan revitalisasi pasar rakyat tahun 2017 harus mengikuti standardisasi yang telah disiapkan, sehingga mudah untuk diawasi dan dipertanggungjawabkan. Pemerintah mentargetkan membangun 5000 pasar tradisional di seluruh Indonesia hingga tahun 2019 mendatang.
 
Sinar Mas Land membangun pasar modern di BSD City pada tahun 2004  diatas lahan seluas 3,2 hektare. Hal ini dilakukan demi menampung pedagang kecil/UMKM sekaligus mengangkat status Pasar Tradisional yang citranya kumuh menjadi Pasar Tradisional Modern yang lebih tertata rapi dan bersih di BSD City. Pasar Modern BSD City yang pertama tersebut kerap dijadikan percontohan konsep pasar tradisional yang dikelola secara modern oleh pemerintah dan swasta. Sejak diluncurkan hingga saat ini, Pasar Modern BSD City sudah menampung lebih dari 800 UMKM dan mampu bersaing dengan retail raksasa. Sinar Mas Land sendiri melalui pembangunan empat pasar tradisional modern di berbagai proyeknya telah membina sekitar 3000 UMKM.
 
Source : http://lifestyle.harianterbit.com/lifestyle/2017/08/09/85298/38/38/Kemendag-Gandeng-Sinar-Mas-Land-Bangun-Pengelolaan-Pasar-Rakyat-