Dukung Rumah DP 0, Para Pengembang Minta Pemerintah Provinsi Sediakan Lahan

20 February 2018 Google+
perumahan di bekasi

Jakarta – Pemerintah provinsi kota Jakarta akhirnya mulai merealisasikan pembangunan rumah DP 0 sesuai dengan janji kampanye gubernur dan wakil gubernur Anies Baswedan serta Sandiaga Uno. Pembangunan tersebut dalam bentuk rusun (rumah susun) dengan skema pembiayaan tanpa uang muka (Down Payment) alias Rp 0.

Tahap pertama proyek rusun tersebut sudah dilakukan di area Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Groundbreaking rumah DP 0 pertama pun sudah dilaksanakan sejak tanggal 18 Januari 2018 pada hari Kamis yang lalu.

Rupanya program rumah tanpa uang muka ini juga telah mendapatkan dukungan dari DPD Real Estate Indonesia (REI) DKI Jakarta. Selain mendukung, mereka juga meminta agar pemerintah provinsi Jakarta mau menyediakan lahan yang nantinya akan dikembangkan sebagai lokasi hunian rumah DP 0 tersebut.

Amran Nukman sebagai Ketua DPD REI DKI Jakarta menyebutkan bahwa program rumah yang diusung oleh Anies-Sandi tersebut sangat mungkin untuk dilakukan. Namun, pihaknya meminta agar pemerintah provinsi menyediakan lahan untuk itu. Amran juga mengatakan bahwa sejatinya harga perumahan di wilayah Jakarta itu memang tinggi. Oleh karena itu, perlu adanya dukungan dari pihak pemerintah agar bisa menawarkan rumah dengan harga terjangkau kepada masyarakat yang mempunyai penghasilan rendah.

Salah satu dukungan tersebut dapat dilakukan dengan penyediaan lahan yang akan digarap. “Memang harus ada kontribusi dari Pemprov untuk menyediakan lahan. Sebab kalau kami sebagai swasta melakukan pembangunan rumah susun, kami masuknya di menengah ke atas karena harga lahan sudah mahal,” kata Amran.

Jika dilihat memang benar bahwa harga-harga perumahan di Bekasi, Tangerang, maupun area Jakarta dan yang dekat dengan ibu kota bisa selangit.  

20 Pengembang dukung program rumah DP 0, salah satunya Sinarmas Group

Ada sekitar 20 pengembang yang tergabung di dalam REI DKI Jakarta yang menyatakan dukungan mereka terhadap program penyediaan rumah tanpa uang muka ini. Dukungan tersebut dibuktikan dengan penandatanganan surat pernyataan yang dilakukan di Balai Kota pada hari Kamis (18/1/2016) yang lalu.

Ada banyak sekali pengembang yang memberikan dukungan mereka dan salah satunya dari pihak Sinarmas Group. Sinarmas Group dengan Sinar Mas Land-nya sudah membangun banyak sekali properti yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Contohnya seperti pembangunan properti yang ada di BSD City, perumahan di Cibubur, perumahan di Cikarang, dan sebagainya.

Sinarmas merupakan salah satu pengembang terpercaya yang ada di Indonesia. Selain BSD City, pengembang ini juga membangun hunian maupun convention exhibition. Misalnya saja perumahan dan properti yang ada di QBig, ICE, dan sebagainya yang berada di dalam kawasan BSD.

Dengan penandatanganan yang dilakukan, tentunya Sinarmas menjadi mereka yang mendukung pembangunan rumah tanpa uang muka di Jakarta yang dicanangkan oleh Anies dan Sandi.

Sumber ref.: Kompas.com