09 June 2017 OneSmile | Google+

Puasa bukan alasan untuk tubuh kita menjadi lemas. Ibadah wajib sebulan penuh di bulan Ramadhan ini justru menyehatkan bagi tubuh kita. Lalu, bagaimana sih cara menyiasati agar tubuh kita tetap sehat dan bugar selama berpuasa?

Rencanakan Jadwal Menu

Siapa bilang karena puasa kita tidak bisa makan enak? Kamu tinggal mengatur jadwal menu kamu untuk sahur dan berbuka. Pilihlah karbohidrat kompleks dengan indeks glikemik yang rendah sebagai hidangan sahur, seperti beras yang agak pera. Hal ini akan membuat rasa lapar kamu datang lebih lama. Jangan lupa lengkapi dengan protein serta seratnya.

Konsumsi Buah-buahan

Tubuh kita butuh asupan vitamin yang memadai agar tetap bugar. Saat sahur, makanlah buah secara utuh karena akan membuatnya lebih lama dicerna sehingga gula darah tidak naik secara cepat. Sementara saat berbuka, konsumsilah buah dengan cara dijus karena saat berbuka tubuh kita membutuhkan cairan dan gula sederhana untuk mengembalikan energi.

Perbanyak Air Putih

Salah satu masalah yang sering dihadapi saat berpuasa adalah dehidrasi. Perbanyaklah minum air putih agar tubuh kita tetap terhidrasi dengan baik. Dehidrasi dapat menyebabkan konsentrasi hilang.

Hindari Tempat Panas

Saat berada di tempat panas, tubuh kita berpotensi untuk kehilangan cairan lebih cepat. Untuk itu, hindari tempat yang panas untuk waktu yang lama.

Olahraga Ringan

Tidak makan dan minum sejak fajar sampai maghrib bukan berarti tidak berolahraga. Tubuh kita tetap butuh kegiatan fisik. Lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki selama 15-20 menit setiap hari. Kamu bisa melakukannya sambil ngabuburit.

Nah, itu dia tips yang bisa kamu coba agar kesehatan dan kebugaran tubuhmu terjaga selama berpuasa. Selamat berpuasa dan selamat mencoba!