20 October 2017 OneSmile | Google+

Anda pasti sudah familiar dengan jenis tanaman bonsai bukan? Bonsai sendiri adalah tanaman atau pohon yang dikerdilkan di dalam pot dangkal dengan tujuan membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar yang sudah tua di alam bebas. Bagi anda yang memiliki bonsai dirumah, berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat bosai kesayangan anda, yuk simak!

  1. Lakukan penyiraman secara teratur

Untuk menjaga kadar air tanaman bonsai anda, maka anda perlu menyemprotkan air secukupnya secara teratur namun tidak berlebihan. Salah satu cara untuk mengetahui level kelembapan tanah pada tanaman bonsai ada bisa dilakukan dengan menancapkan tusuk gigi pada media tanam untuk mengetahui apakah tekstur tanah terlalu kering atau basah. Cara lain, anda dapat menanam lumut pada media tanah untuk mengetahui tingkat kelembapan tanah yang digunakan.

  1. Penggantian Pot

Perlu diketahui, tanaman bonsai harus ditanam di dalam pot dangkal yang diganti paling sedikit satu kali dalam satu tahun, hal ini bertujuan untuk mendukung pertumbuhan akar baru pada tanaman bosai anda.

  1. Pemberian Pupuk Secara Rutin

Pemupukan dapat dilakukan satu kali dalam sebulan dengan menggunakan pupuk urea atau NPK dan pupuk daun setidaknya tiga kali dalam satu bulan, tergantung dari kebutuhan bonsai itu sendiri.

  1. Pemangkasan Bonsai

Dalam memangkas atau memotong dahan bonsai, anda tidak dapat menggunakan gunting biasa melainkan alat khusus untuk memohon dahan bosai. Penggunaan alat khusus ini mencegah kerusakan pada tanaman bonsai itu sendiri. Jika pertumbuhan bosai anda cepat, anda dapat memotongnya setiap satu bulan sekali, namun jika sebaliknya, anda cukup memotongnya 2-3 bulan sekali.