Teh atau Kopi ya?

03 July 2017 OneSmile | Google+

Kamu team tea addict atau coffee addict? Ternyata minumam yang kalian suka memiliki pengaruh bagi kesehatan lho!

 

Saat stress melanda, pasti yang ingin kalian lakukan adalah berdiam diri dengan menikmati secangkir teh hangat atau kopi manis. Tapi… ternyata dari secangkir teh atau kopi memiliki pengaruh bagi kesehatan Anda. Ini faktanya:

 

Fakta Teh:

  1. Kandungan essential oil yang terdapat pada teh dapat memberikan manfaat untuk melarutkan lemak dan melancarkan pencernaan.

  2. Kandungan "vitamin K" yang cukup tinggi pada teh berfungsi dalam pembekuan darah sehingga dapat mencegah pendarahan.

  3. Teh mengandung setidaknya 450 senyawa organik yang bermanfaat bagi tubuh.

  4. Teh Mampu Menghambat Pembentukan dan Penumpukan Kolesterol.

  5. Zat "Catechin" dalam teh dinilai mampu mencegah atau mengurangi pembentukkan kolestrol dalam darah dan juga membantu pembuangan kolesterol lewat feses.

 

Fakta Kopi:

 

  1. Kafein bisa mengurangi rasa sakit. Dosis sedang kopi, setara dengan dua cangkir kopi, mampu meredakan rasa sakit di otot setelah olah raga.

  2. Dalam dunia kedokteran, kafein sering digunakan sebagai perangsang kerja jantung dan meningkatkan produksi urin.

  3. Kafein bekerja dalam tubuh dengan mengambil alih reseptor adenosin dalam sel syaraf yang akan memacu produksi hormon adrenalin.

  4. Mekanisme kerja kafein dalam tubuh adalah menyaingi fungsi adenosin (salah satu senyawa yang dalam sel otak bisa membuat orang cepat tertidur).

  5. Kafein juga dapat menyebabkan insomnia, mudah gugup, sakit kepala, merasa tegang dan cepat marah.

 

Meskipun teh atau kopi memiliki kelebihan dan kekurangan untuk kesehatan tubuh, konsumsi hanya secukupnya ya. Dan tetap perbanyak konsumsi air putih untuk tetap menjaga kesehatan tubuh :)