Pemilihan Warna Dinding Rumah Dapat Mempengaruhi Mood

23 February 2018 OneSmile | Google+

Warna cat rumah dianggap dapat menunjukkan karakter dan kepribadian pemiliknya. Namun, sangat jarang ditemukan orang yang memperhatikan pemilihan warna cat yang akan digunakan, melainkan langsung dipilihkan oleh orang lain atau arsitek pembuat rumah. Selain itu, warna juga dapat mempengaruhi suasana mood orang yang berada di dalam rumah dengan berbagai cara tergantung pada usia, jenis kelamin, latar belakang dan cuaca. Ini sebabnya mengapa pemilihan warna dikatakan sangat penting pada saat melakukan dekorasi rumah. Perpaduan beberapa warna yang harmonis juga dapat menjadi daya tarik utama yang membuat orang lebih betah untuk tinggal di rumah.

Perlu anda ketahui, bahwa setiap warna memiliki nilai psikologisnya masing-masing. Setiap warna dapat mempengaruhi emosi kita misalnya, membuat suasana hati jadi tenang dan nyaman ataupun membuat suasana hati menjadi tidak menentu. Untuk menciptakan kesan yang harmoni pada rumah, sebaiknya anda memperhatikan pemilihan warna secara bijak. Karena sebagian warna akan memberikan efek yang berbeda-beda kepada setiap orangnya. Sebaiknya, batasi jumlah penggunaan warna dalam sebuah ruangan sebanyak tiga atau empat warna saja agar ruangan tidak terkesan berantakan.

Berikut beberapa refrensi warna yang dapat anda pilih untuk dinding rumah anda :

  • Biru

Warna biru memiliki makna yang stabil. Warna biru sangat cocok untuk diaplikasikan pada kamar tidur dan ruang kerja.Warna biru juga dipercaya dapat meningkatkan produktifitas dan kecerdasan seseorang.

  • Merah muda

Warna pink atau merah muda memiliki sifat yang memberi rasa tenang dan kasih sayang.Warna merah muda sangat cocok untuk diaplikasikan untuk kamar tidur.

  • Oranye

Warna orange mewakili rasa sosial, hiburan dan kehangatan. Warna oranye dipercaya  dapat membangkitkan motivasi dan membuat orang ingin bergerak sehingga sangat cocok untuk digunakan pada ruang tamu ataupun ruang makan.

  • Kuning

Warna kuning merupakan warna cerah yang dipercaya dapat menciptakan rasa semangat, membangun rasa optimis serta percaya diri. Warna kuning cocok diaplikasikan pada ruang dapur dan kamar mandi.

  • Merah

Warna merah dapat memicu rasa optimistis. Untuk itu warna ini sangat cocok untuk diaplikasiakan pada kamar tidur dan rang kerja. Namun, jangan terlalu banyak menggunakan warna merah karena warna ini sering dikaitkan dengan hal-hal yang kurang baik.

  • Coklat

Warna coklat dapat menciptakan rasa keakraban dan rasa aman. Dengan begitu, warna coklat sangat cocok untuk diaplikasikan untuk ruang keluarga ataupun ruang tamu.