29 January 2018 OneSmile | Google+

Merawat kendaraan merupakan hal utama yang harus diperhatikan oleh pemilik kendaraan pribadi. Perawatan yang dilakukan secara rutin dapat memilimalisir kerusakan pada mesin dan memperpanjang umur kendaraan, serta mencegah kerusakan kendaraan yang lebih besar ataupun menghemat biaya perawatan kendaraan pribadi. Melakukan perawatan secara rutin juga akan menjaga  performa mesin kendaraan sehingga bekerja secara maksimal. Tetapi tidak sedikit dari pemilik kendaraan pribadi yang hanya menggantungkan perawatan kendaraan kepada tempat servis bulanan saja, mesikipun cara tersebut tidak salah namun banyak detail dari kendaraan yang hanya diketahui oleh pemilik kendaraannya saja.

            Perawatan mesin kendaraan tidak harus dilakukan oleh pihak servis bulanan ataupun seorang ahli mesin. Pemilik kendaraan juga harus bisa melakukan perawatan kendaraan tanpa harus menjadi seorang ahli dibidang mesin. Perawatan mesin mobil dapat anda lakukan di rumah tanpa harus membawa kendaraan anda ke tempat servis bulanan sehingga akan menghemat biaya perawatan mobil.

Berikut merupakan 5 cara mudah merawat mesin mobil yang dapat anda lakukan di rumah :

  1. Memanaskan mesin kendaraan baik saat akan digunakan maupun saat tidak akan digunakan, panaskan kendaraan tersebut setiap hari secara rutin.
  2. Memastikan keadaan air radiator kendaraan sehingga tidak terjadi overheat pada mesin.
  3. Melakukan pengecekan timing belt , komponen pada mesin kendaraan yang berfungsi meneruskan putaran roda gigi dengan bagian internal mesin.
  4. Menggunakan spare part original dari bengkel resmi.
  5. Melakukan penarikan gas yang kuat untuk mengihalngkan kerak – kerak yang melekat pada mesin kendaraan.