Rute MRT Sampai ke Tangerang, Sinarmas Berminat Jadi Investor

01 February 2018 News Archive | Google+

Jakarta, CNN Indonesia -- PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta mengaku telah melakukan pembicaraan dengan beberapa investor terkait proyek perpanjangan rute MRT Jakarta ke Rawa Buntu, Tangerang Selatan. Salah satu investor potensial ialah Sinarmas Land.

Seperti diketahui, Sinarmas Land menjadi pengelola kawasan Bumi Serpong Damai (BSD). Kawasan tersebut berdekatan dengan lokasi perpanjangan rute MRT yang baru.

Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar mengatakan, pihak Sinarmas Land bahkan ingin perpanjangan rute MRT itu sampai wilayah Cisauk, Kabupaten Tangerang. 

"Itu bukan wilayah Tangsel lagi tapi Kabupaten Tangerang, jadi harus ada pembicaraan lagi dengan Pemerintah Kabupaten Tangerang jadi semua harus kami dudukan bersama," jelasnya di Jakarta, Senin (29/1).

Saat ini, PT MRT mengaku masih menunggu penugasan sebagai penanggung jawab proyek perpanjangan rute MRT Jakarta ke Rawa Buntu tersebut.

William berujar, pihaknya masih belum bisa melakukan uji kelayakan (feasibility studi) untuk perpanjangan rute tersebut sebelum mengantongi izin dari Pemerintah Kota Tangerang Selatan.

Ia menyebutkan, hingga kini pihaknya belum mendapat restu dari Pemkot Tangerang Selatan. Walaupun, Pemkot Tangerang Selatan telah meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk meneruskan pembangunan MRT hingga ke Rawa Buntu.

"Kami menunggu penugasan. Kami bisa lakukan (uji kelayakan) setelah penugasan sebagai penanggung jawab proyek kerjasama. Jadi penanggung jawab proyek Kerjasama harus diberikan oleh pemerintah dalam hal ini provinsi Banten atau Tangerang Selatan. berdasarkan itu baru bisa bergerak," tuturnya.

Sebagai informasi, pembangunan MRT meliputi tiga fase. Fase satu, menyambungkan Lebak Bulus hingga Bundaran Hotel Indonesia. Kemudian fase dua menyambungkan Bundaran HI dan Kampung Bandan di Utara. Terakhir, menyambungkan Cikarang ke Balaraja, Banten. 

 

Source : https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20180129210933-92-272462/rute-mrt-sampai-ke-tangerang-sinarmas-berminat-jadi-investor