12 July 2018 News Archive | Google+
BSD, HanTer - Pasar tradisional atau pasar rakyat merupakan salah satu fasilitas ekonomi di sebuah wilayah, yang memiliki peran vital bagi masyarakat. Pasar tradisional juga bisa menjadi sarana peningkatan kapasitas pelaku UMKM. Dalam rangka meningkatkan kualitas pasar tradisional atau pasar rakyat, Kementerian Perdagangan yang menggandeng Sinar Mas Land sebagai pengelola Pasar Modern BSD City mengadakan pelatihan SOP Pengelolaan Pasar Rakyat di seluruh Indonesia. 
 
Pasar Tradisional Modern BSD City, Tangerang, dijadikan proyek percontohan oleh Kementerian Perdagangan, karena dinilai berhasil dan bisa mengubah citra pasar tradisional yang tadinya kumuh dan becek menjadi pasar tradisional modern yang bersih dan nyaman. Dalam pelatihan yang digelar di Hotel Aquarius, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, (Selasa, 10/07/18), Pengelola Pasar Tradisional Modern BSD City melalui program Pasar Rakyat School memberikan materi terkait dengan SOP pengelolaan pasar tradisional modern yang diwakili oleh Sustainability Development Sinar Mas Land. 
 
 
Program Pasar Rakyat school merupakan salah satu program Sinar Mas Land dalam meningkatkan kualitas pasar, yang telah berjalan sejak tahun 2016. Program Pasar Rakyat School yang telah diselenggarakan sebelumnya antara lain pelatihan kepada para pedagang mengenai berbagai hal mulai dari masalah sanitasi & kualitas makanan dari BPOM dan Dinas Pertanian, masalah pengelolaan keuangan oleh Bank Sinar Mas, bahkan Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany pernah mengisi materi mengenai pentingnya pasar tradisional bagi perekonomian sebuah kota.
 
Sustainability Development Sinar Mas Land,Ilham Wahyudi menyatakan, setelah bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan, Program Pasar Rakyat School juga di gelar di berbagai daerah di Indonesia. “Kementerian Perdagangan menjadikan Pasar Tradisional Modern BSD City Sebagai Model atau Prototipe Standardisasi Pembangunan & Tata Kelola Pasar Yang Baik & Benar,” ungkapnya.
 
Prototype itu terkait standar operasional prosedur (SOP) pembangunan, maupun revitalisasi pasar rakyat yang harus mengikuti standardisasi yang telah dipersiapkan, sehingga mudah untuk diawasi dan dipertanggung-jawabkan. Nantinya, prototype tersebut akan dijadikan acuan revitalisasi 5000 pasar rakyat di seluruh Indonesia, yang didanai oleh pemerintah.
 
 
Acara ini juga dihadiri oleh dinas perdagangan dan pengelola pasar se-kabupaten/kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Sebagai pembicara yaitu Direktur Sarana Distribusi & Logistik Kementerian Perdagangan, Sihar Hardjopan Pohan, Sustainability Development Sinar Mas Land, Ilham Wahyudi, Direktorat Standarisasi dan Pengendalian Mutu, Shanty Dyah ayu anggrahini, serta dari Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Tengah.  
 
Sementara Pasar Tradisional Modern BSD City yang saat ini sudah menampung 800 lebih UMKM, merupakan pasar pertama yang dikelola swasta dan dijadikan percontohan konsep pasar rakyat seluruh Indonesia. Sedangkan Sinar Mas Land melalui pembangunan empat pasar tradisional modern di berbagai proyeknya di seluruh daerah, hingga kini telah membina sekitar 3000 UMKM.
 
Source : http://harianterbit.com/read/2018/07/10/99703/0/46/Program-Pasar-Rakyat-School-BSD-City-Percontohan-Peningkatkan-Kualitas-Pasar-Tradisional-di-Seluruh-Indonesia