BSD City gelar Digiplay guna mendukung transformasi BSD jadi kota smart digital

17 April 2018 News Archive | Google+

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sinar Mas Land melalui BSD City bekerjasama dengan Arena Digital Creative by PT Digital Creative Indonesia menggelar Digiplay di The Breeze BSD City pada 14 April 2018 lalu.
 
Digiplay merupakan ajang bagi para pecinta digital information dan technologyserta para pelaku industri kreatif mengembangan inovasi dan kreativitasnya agar mampu bersaing di era digitalisasi seperti saat ini.

Irawan Harahap, Project Leader Digital Hub Sinar Mas Land menjelaskan, event itu adalah bentuk dukungan perusahaan terhadap komunitas gaming sejalan dengan transformasi BSD City menjadi Integrated Smart Digital City.

"Kita mensupport industri kreatif untuk menjadi bagian ekosistem digital yang sedang kita bangun di BSD City. Inilah yang akan dimaksimalkan oleh BSD City, menjadi tempat berkumpulnya para komunitas pecinta teknologi serta menjadi tuan rumah berbagai event di bidang teknologi,” kata Irawan dalam keterangan resminya yang dikutip, Senin (16/4).

Dalam kegiatan tersebut dibahas mengenai the concept of techpolitan. Kemudian dilanjutkan dengan ‘E-Sport Exhibition’ atau Electronic Sport, yang merupakan sebuah bentuk kompetisi menggunakan video games. Dimana games yang dilombakan adalah mobile egends.

Ada pula cosplay competition yaitu kompetisi yang mempertandingkan kostum dengan karakter-karakter yang ada dibeberapa portal games dengan kategori dan tema yang ditentukan. Dalam Cosplay Competition, akan ada dua kategori yaitu Cosplay dan Cosplay Street. Kostum karakter yang terbaik akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 14 juta.

Kompetisi yang ketiga, trading card game yaitu permainan berbasis kartu peraturan yang unik dengan jumlah kartu yang mencapai ratusan hingga ribuan jenis kartu yang dapat dimainkan. Biasanya kartu tersebut dibagi menjadi beberapa jenis kartu yang dibagi ke dalam beberapa kelompok tergantung dari tingkat kelengkapannya. Pemenang kompetisi ini akan mendapatkan hadiah Rp 8 juta.

Dalam mengembangkan integrated smart digital city, BSD City tidak hanya akan dilengkapi dengan jaringan infrastruktur teknologi namun juga dilengkapi dengan penyediaan aplikasi mobile yang terintegrasi dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat BSD City.

Aplikasi tersebut berupa e-walletcommunity platform, loyalty programs, dan business performance management solutions. Sinar Mas Land berupaya agar semua masyarakat yang menghuni wilayah BSD City memiliki sarana dan prasarana berkualitas, mendapatkan kualitas kehidupan terbaik serta kemudahan dalam berbagai macam hal.

“Fase pertama yang dilakukan BSD City adalah membuat satu anchor mobile app basic, ditujukan terutama untuk membantu kehidupan penghuni BSD City dan juga pengunjungnya." kata Irawan.

Selain itu ada beberapa fungsionalitas yang ditujukan untuk community servicesdan spesifik dibangun untuk kepentingan penghuni, seperti surveillance camerauntuk meningkatkan keamanan dan memantau lalu lintas.

Beberapa menu yang sudah di bangun sejak 2017 masih yang bersifat standar namun krusial, seperti melihat dan membayar tagihan, membeli tiket dan voucher, belanja di supermarket sekitar BSD.

"Nanti dalam waktu dekat, sekitar kuartal III, kami akan melakukan re-launchOnesmile 2.0 dengan menu yang lebih matang yang akan mendukung visi BSD City sebagai The Real Smart City pertama di Indonesia,” terang Irawan.