06 December 2013 Media Releases | Google+

JAKARTA, SWA.CO.ID

Sinar Mas Land Writing & Photo Contest 2013 (SMLWPC 2013), kontes menulis dan fotografi yang diselenggarakan Sinar Mas Land, mengumumkan 8 pemenang SML Writing & Photo Contest 2013, hari Kamis (5/12) lalu. Ke-8 pemenang Sinar Mas Land Writing & Photo Contest 2013 terdiri dari 6 orang awak media cetak, online dan majalah/tabloid, sementara dua orang lainnya berasal dari kategori publik.

Para pemenang tersebut mendapatkan hadiah bernilai total Rp 261 juta. Kompetisi lomba karya tulis & fotografi digelar sejak tanggal 1 Juli 2013 hingga Akhir November 2013. Berikut delapan nama pemenang Sinar Mas Land Writing & Photo Contest 2013 yang diumumkan dalam acara Media Gathering bertempat di Prive Club - FX pada hari Kamis, 5 Desember 2013:

  1. Juara 1 untuk kategori Article Writing jurnalis media cetak diraih oleh Pamudji Slamet, melalui artikel berjudul "Sinar Mas Land Perangi Pemanasan Global" yang terbit di koran Investor Daily tanggal 30 November 2013, sehingga berhak mendapatkan hadiah uang senilai Rp 20 juta.

  2. Juara 1 untuk kategori Article Writing jurnalis media online diraih oleh Eva Martha Rahayu, melalui artikel berjudul "Ambisi Sinar Mas Land Menjadi Leading Properti di ASEAN" yang terbit pada media online Swa.co.id tanggal 5 Oktober 2013 dan berhak hadiah Rp 20 juta.

  3. Juara 1 untuk kategori Article Writing jurnalis Majalah/Tabloid diraih oleh Rizky Adhar, melalui artikel berjudul "Menjual Interaksi Alam dan Gaya Hidup Modern" yang terbit pada Majalah Properti Indonesia bulan Oktober 2013 dan mendapat hadiah Rp 20 juta.

  4. Juara 1 untuk kategori Blog Writing Contest yang diperuntukkan bagi Publik diraih oleh Fitri, melalui artikel berjudul "The Breeze BSD City, Konsep Mall Tanpa Dinding" sehingga berhak mendapatkan hadiah uang senilai Rp 15 juta.

  5. Juara 1 untuk kategori Photo Contest Jurnalis media cetak diraih oleh Suhartono, melalui foto berjudul "Rangka Hal Terbesar" yang terbit pada media cetak Indo Pos tanggal 23 Oktober 2013 dan mendapat hadiah Rp 20 juta.

  6. Juara 1 untuk kategori Photo Contest Jurnalis media online diraih oleh Andika Wahyu, melalui foto berjudul "Pengembang Terbaik di Asia Tenggara" yang terbit pada media online Antara Foto tanggal 30 November 2013 berhadiah Rp 20 juta.

  7. Juara 1 untuk kategori Photo Contest Jurnalis Majalah/Tabloid oleh Amston Probel, melalui foto berjudul "Pembanguan Perumahan" yang terbit pada media cetak Majalah Tempo tanggal 3 November 2013, sehingga berhak mendapatkan hadiah Rp 20 juta.

  8. Juara 1 untuk kategori Photo Contest yang diperuntukkan bagi Publik diraih oleh Yoga Saputra, melalui photo berjudul "Lightning in the Castle," sehingga mendapatkan hadiah Rp 15 juta.

Tim Juri Nilai Ratusan Karya

Karya tulis & fotografi dari delapan pemenang ini dipilih oleh tim dewan juri yang terdiri dari Arief Budi Susilo (Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia), Indira Abidin (Managing Director Fortune PR), Arbain Rambey (Redaktur Foto Harian Kompas), Oscar Motuloh (Fotografer Senior Kantor Berita Antara), Wicaksono (Blogger & Jurnalis Senior) dan Ishak Chandra (Managing Director Corporate Strategy and Services Sinar Mas Land).

"Kami melakukan penilaian secara seksama terhadap 173 karya tulis artikel dari kalangan jurnalis, 243 karya fotografi dari kalangan jurnalis foto serta 89 karya tulis blog dari kalangan public dan 333 karya fotografi dari kalangan public yang sampai ke tangan tim dewan juri. Penilaian dilakukan menurut kriteria yang kami tetapkan, dan delapan karya tulis serta fotografi inilah yang kami nilai layak jadi pemenang," ungkap ketua tim dewan juri Arbain Rambey, kepada pers sesaat sebelum pengumuman nama-nama pemenang.

Kriteria Kedalaman dan Citra Positif

Adapun Kriteria pemenang SMLWPC 2013 Kategori Article Writing yakni adanya pemahaman terhadap topik yang dipilih/isi atau substansi dari tulisan, kedalaman (in depth) dari tulisan/bobot, objektivitas dan analisa, serta penilaian secara teknik penulisan. Juri menilai bagaimana sang wartawan membahas masalah melalui gaya penulisannya dan dengan menggunakan struktur bahasa Indonesia yang baik dan benar. Sementara itu menurut Arbain, kriteria pemenang SMLWPC 2013 Kategori Foto dilihat dari pengggambaran citra positif Sinar Mas Land dalam hasil karya fotografi, kemudian tingkat kesulitan hasil karya fotografi, serta kualitas teknis sebuah fotografi. Juri menilai bagaimana sang fotografer mampu menggambarkan citra positif Sinar Mas Land melalui bangunan-bangunan serta objek lainnya dalam karya fotografi, kemudian menelaah bagaimana tingkat kesulitan dalam pengambilan objek gambar, serta memperhitungkan kualitas teknis dari karya fotografi itu sendiri.

"Publik dan media sangat antusias mengikuti Sinar Mas Land Writing & Photo Contest 2013. Tujuan untuk memberi apresiasi khusus atas para jurnalis yang telah meliput dan memberitakan tentang industri properti secara umum dan Sinar Mas Land secara khusus," ungkap Ishak. (EVA)